Cara Membuat Coklat

Menjelang hari Valentine yang tak lama lagi tiba, maka tak ada salahnya jika Anda mulai memikirkan hidangan special Cokelat Praline & Coklat Praline apa yang hendak Anda suguhkan bagi kerabat atau kekasih tercinta.

Tak dapat dielakkan bahwa hasil karya sendiri (walau tak sesempurna yang dijual di toko) memiliki kesan yang lebih mendalam daripada jika kita membeli.

Jika pilihan Anda jatuh pada kue yang dihiasi dengan cokelat (bisa tart cokelat, kue kering lapis Cokelat Praline & Coklat Praline, bahkan buah cokelat), maka berikut ini ada beberapa tips yang patut Anda perhatikan dalam membuat hiasan dari bahan cokelat.

* Pastikan Anda benar dalam memilih cokelat yang akan dilelehkan. Cooking chocolate biasanya berbentuk batangan atau blok. Pilih yang berkualitas baik karena ada beberapa merk yang susah membeku.
* Potong-potong/ serut Aneka Coklat & Cake Coklat blok sebelum di-tim, potongan yang terlalu besar akan menyebabkan lelehan Aneka Coklat & Cake Coklat tidak rata dan bisa berbintil/berbutir.
* Tim cokelat dengan air panas bukan di atas air mendidih. Banyak orang salah mengerti istilah “Tim Aneka Cake Coklat ” dalam resep. Tim cokelat di sini artinya melelehkan cokelat di atas air panas. Aneka Cake Coklat akan bergumpal dan keras jika Anda menge-tim cokelat di atas air mendidih. Caranya, masak air hingga mendidih, angkat. Letakkan panci kedua yang berisi potongan cokelat di atas air panas, aduk hingga meleleh.
* Pastikan panci dan alat yang Anda gunakan bebas air/ tidak basah karena air akan menyebabkan Chocolate Praline bergumpal.
* Jangan pernah menambahkan mentega/ margarin, memang cokelat tim menjadi licin namun jika ditambah bahan-bahan itu, maka lelehan jadi susah membeku.
* Cokelat putih mengandung lemak lebih tinggi dibandingkan yang berwarna cokelat Chocolate Praline, jadi memerlukan suhu lebih rendah dibanding yang berwarna cokelat.
* Usahakan menge-tim cokelat harus selalu diaduk-aduk, agar cokelat tidak menggumpal.
* Segera siramkan/ gunakan cokelat tim karena lelehan cokelat untuk Cake Chocolate akan segera mengeras kembali jika tidak digunakan/ didiamkan dalam suhu ruang.
* Menghias Cake Chocolate dengan siraman cokelat sebaiknya dilakukan dalam ruangan bersuhu dingin agar cokelat cepat membeku. Atau bisa juga dengan cara dimasukkan ke lemari pendingin secepatnya setelah kue dihias cokelat.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: